Pages

Tuesday, February 5, 2013

Ekosistem


Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkunganya. Bisa di katakana sebagai satu kesatuan unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.
Ekosistem tersusun atas semua makhluk hidup, di antaranya adalah
  • Individu (makhluk hidup tunggal atau unit terkecil dari pembentukan masyarakat)
  • Populasi (kumpulan individu satu jenis yang menepati suatu daerah tertentu)
  • Komunitas (populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu)
Proses terbentuknya ekosistem terbagi menjadi dua bagian yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami yaitu ekosistem yang terbentuk tanpa campur tangan manusia sedangkan ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja di buat oleh manusia.
Contoh ekosistem alami antara lain hutan,danau rawa dan sebagainya.
Contoh ekosistem buatan antara lain kolam,kebun,akuarium dan lain sebagainya.
Ekosistem alami dan ekosistem buatan terbentuk oleh dua komponen yaitu komponen Biotik dan komponen Abiotik.
  • Komponen Biotik merupakan komponen yang menyusun suatu ekosistem. eran dan fungsinya makhluk hidup dibedakan menjadi dua macam yaitu Heterotrof (konsumen) dan Pengurai (dekomposer).heterotrof terdiri dari organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik yang disediakan oleh organisme. Contohnya manusia,hewan dan mikroba.sedangkan pengurai adalah organisme yang mengurai dari bahan organik organisme yang telah mati. Contohnya bakteri,jamur dan kutu kayu.
  • Komponen Abiotik merupakan keadaan fisik maupun kimia yang yang menyertai kehidupan organisme sebagai tempat dan subtrat kehidupan. Komponen abiotik terdiri dari benda tak hidup namun masih memiliki keterkaitanya dengan keberadaan organisme. Contohnya tanah,air,udara,iklim dan toprografi.

No comments:

Post a Comment