Pages

Wednesday, January 30, 2013

Zingiber officinale (Jahe)


Zingeber officinale atau lebih akrab di sapa jahe merupakan tanaman yang terkenal sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Jahe adalah tanaman yang asal usulnya belum pasti ada yang menganggap bahwa jahe merupakan tanaman yang berasal dari Rebuplik Rakyat Cina Selatan dan ada pula yang beranggapan bahwa jahe itu berasal dari India. Entahlah, yang jelas jahe merupakan tanaman apotik hidup yang sejak lama telah di budidayakan oleh masyarakat termasuk warga Indonesia.
Banyak manfaat yang dapat kita jumpai dalam tanaman yang satu ini, Antaranya :
1.      Tanaman jahe dapat di gunakan sebagai obat menurunkan tekanan darah tinggi karena jahe memiliki kemampuan untuk merengsang pelepasan hormon adrenalin dan juga mampu melebarkan pembuluh darah sehingga darah lebih cepat mengalir.
2.      Senyawa gingerol yang terkandung di dalam jahe mampu mencegah penggumpalan darah menjadi antikoagulan.
3.      Air jahe yang hangat dapat membantu menyadarkan ketika seorang sedang mabuk, Karena kandungan dalam jahe dapat menyerap/menghilangkan etanol dari dalam tubuh si pemabuk tersebut.
Masih banyak lagi manfaat yang terkandung di dalamnya, Penggunaan tanaman jahe sebagai obat-obatan sangat simpel karena hanya dengan menyedunya atau bisa juga dibubuhkan ke dalam masakan yang anda masak (karena jahe juga termasuk rempah2)

No comments:

Post a Comment