Pages

Tuesday, January 29, 2013

Rokok Si Superstar (Smokers)


Berbicara tentang rokok dan merokok itu sudah menjadi bagian dari sejarah hidup sebagian orang yang mencanduinya (smokers). Dan menurut sumber yang saya dapat, Katanya rokok merupakan bagian terpenting dalam hidup mereka, Bahkan rokok merupakan sumber sugesti dan relaksasi penambahan percaya diri bagi jiwa-jiwa pencinta rokok tersebut.
Bukan hal yang mengherankan lagi jika rokok merupakan barang terhebat yang pernah ada, Kenapa saya menyimpulkan seperti itu..??? itu sangat jelas sekali dari hal terkecil yang kita tahu, Bahwa setiap bungkus rokok tertuliskan bahaya-bahaya yang akan mengancam kesehatan bagi mereka yang mengkonsumsinya, Namun semua itu tidak ada reflek untuk mereka mengurungkan niatnya. Ada satu hal lagi yang serentak membuat saya sendiri tercengang “mending aku gak makan dari pada aku harus berhenti ngerokok”, Menurutku itu sangat Wow!! Sebegitu berartikah rokok untuk hidup anda..?????
Entahlah mungkin itu merupakan sebuah rahasia alam, Dan mungkin hanya jiwa-jiwa perokoklah yang mengetahuinya. Sebuah silinder dari kertas dan berisikan tembakau yang telah tercacah itu adalah hal yang sangat menakjubkan untuk di mengerti.
Suku Indian (Amerika) merupakan manusia pertama yang merokok (abad ke 16), Namun disini suku tersebut merokok hanyalah sebuah persembahan atau ritual untuk memuja para dewa (roh). Setelah bangsa Eropa menemukan benua Amerika tersebut, Mereka para penjelajah ikut serta mencoba menghisap tembakau yang terbungkus itu kemudian bangsa Eropa pun akhirnya membawa pulang tembakau ke negaranya. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, Di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata. Abad ke-17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam.
Larangan merokok di anggap sebagai angin lalu untuk yang mencanduinya. Namun ada baiknya jika kebiasaan merokok telah mendarah daging di kehidupan anda, Sepatutnya anda tidak harus egois, Anda harus sadar dan tau bagaimana cara menjaga dan merawat paru-paru anda dengan baik, Setidaknya jika anda sehat anda masih bisa menikmati yang namanya rokok.
Ada beberapa tips untuk membantu menjaga paru-paru anda dari ganasnya zat-zat yang terkandung di dalamnya. Di antaranya :
1.       Asupan makanan yang mengandung omega 3 dapat membantu menurunkan serum tingkat produksi lendir yang terjadi pada penderita penyakit gangguan paru-paru.
2.       Mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran yang banyak mengandung antioksidan, Ketimbang cemilan seperti makanan ringan untuk menemani sebatang dari rokok anda, Hal ini terlihat sangat konyol namun apa salahnya jika kita membubuhkan racun dan kemudian kita menangksinya, Hal ini di buktikan bahwa antioksidan di dalam buah-buahan tersebut mampu melindungi dan memperbaiki paru-paru anda. Antioksidan isothiocyanate pada sayuran seperti brokoli, tauge, serta kol bunga juga terbukti bisa menurunkan risiko kanker paru-paru. Sayuran kol, kubis hijau dan merah berfungsi sebagai sumber nutrisi dan pelindung paru-paru.
3.       Tidaklah asing lagi ditelinga akan kandungan nikotin di dalam rokok namun kandungan nikotin itu sedikitnya bisa dikurangi dengan mengkonsumsi jeruk nipis, Karena air yang terkandung di dalam jeruk nipis mampu menurunkan kadar nikotin yang ada.
4.       Kedelai, yah kedelai entah itu minuman atau makanan yang terbuat dari kedelai, Karena kedelai juga dapat membantu memperbaiki fungsi paru-paru dan sesak nafas kronis. Biasanya merokok selalu ditemani secangkir kopi namun  jika anda tengah merokok alangkah baiknya jika dig anti dengan susu kedelai.

No comments:

Post a Comment