Pages

Saturday, February 9, 2013

PENGERTIAN RANTAI MAKANAN

Hampir seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini akan membutuhkan makhluk hidup lainya. Istilah ini disebut juga dengan makhluk social dimana suatu kelompok organisme yang tidak bisa hidup menyendiri. Hubungan yang terjadi di antara suatu organisme dengan lingkunganya saling mempengaruhi satu sama lain.

Sistem makan dan dimakan atau pengalihan suatu energy dari sumbernya disebut juga dengan rantai makanan.
Dalam ilmu biologi rantai makanan terbagi menjadi tiga rantai pokok yaitu rantai pemangsa,rantai parasit dan rantai saprofit. Organisme yang terlibat di dalam rantai makanan di golongkan dalam tingkat-tingkat trofik,tingkat trofik tersebut tersusun dari seluruh organisme dalam rantai makanan yang bernomor sama dalam hal memakan.
Dalam  kelompok ekologi tumbuhan merupakan tingkat trofik yang pertama karena tumbuhan melakukan proses fotosintesis hanya dengan bantuan Co2 dan matahari. Kemudian tingkat trofik yang kedua ialah herbivora (hewan pemakan tumbuhan) sedangkan tingkat trofik yang ketiga adalah karnivora yang secara langsung memakan herbivora.
Organisme dalam tingkat trofik yang terendah memiliki jumlah individu lebih banyak namun semakin tinggi tingkat trofiknya semakin sedikit  individu yang terkait di dalamnya. Dalam rantai makanan konsumen pada tingkat trofik tertentu tidak hanya memakan satu jenis organisme yang ada di bawahnya, bisa jadi dua atau lebih. Hubungan yang sangat komplek di dalam rantai makanan tersebut membentuk suatu susunan jaringan yang di sebut dengan jaring-jaring makanan. dalam setiap ekosistem setiap organisme memiliki peran masing-masing. Ada yang berperan sebagai produsen,konsumen dan juga decomposer.


No comments:

Post a Comment