Sunday, April 7, 2013

PENGERTIAN,JENIS DAN BAGIAN DARI MIKROSKOP



PENGERTIAN MIKROSKOP
Mikroskop berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu micros yang artinya kecil dan scopein yang berarti melihat. Jadi dapat disimpulkan bahwa mikroskop merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk melihat benda-benda yang kecil. Dan ilmu yang mempelajari tentang benda-benda kecil yang tak terlihat dengan mata telanjang disebut Mikroskopi.
Mikroskop merupakan alat yang tergolong sangat penting dalam laboraturium untuk mempelajari lebih dalam mengenai ilmu sains terutama biologi. Sebuah alat bantu yang memungkinkan kita untuk dapat melihat objek secara jelas dan detail. Hal ini sangat membantu manusia untuk memecahkan persoalan tentang organisme yang berukuran mini (kecil) bahkan sangat kecil.
BAGIAN-BAGIAN DARI MIKROSKOP
Pada mikroskop terdapat bagian-bagian penting yang apabila salah satu dari bagian yang peting tersebut tidak terdapat di dalamnya otomatis fungsi kinerja dari mikroskop tersebut tidak maksimal. Berikut bagia-bagian dari mikroskop beserta fungsinya :
1. Lensa Okuler (terdapat dibagian ujung atas tabung) berfungsi sebagai membentuk bayangan maya,tegak dan diperbesar dari lensa objektif.
2. Lensa Objektif (lensa ini berada dekat objek yang diamati) lensa yang membentuk bayangan nyata,terbalik dan diperbesar, dimana lensa ini diatur oleh levorver untuk menentukan perbesaran lensa objektif.
3. Tabung Mikroskop atau biasa disebut dengan Tubus,berfungsi untuk mengatur focus dan menghubungkan lensa objektif dan lensa okuler.
4. Makrometer (pemutaran kasar) berfungsi untuk menaik turunkan tabung secara cepat.
5. Micrometer (pemutaran halus) berfungsi sebagai menaikan dan menurunkan mikroskop secara lambat dan bentuknya lebih kecil dari makrometer.
6. Revolver berfungsi untuk mengatur pembesaran lensa objektif dengan cara memutarnya.
7. Diafragma berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk.
8. Reflector berfungsi untuk memantulkan cahaya dari cermin ke meja objek melalui lubang yang terdapat di meja objek dan menuju mata pengamat. Reflector ini sendiri terdiri dari dua jenis cermin yaitu cermin datar dan cermin cekung yang mempunyai fungsi tersendiri. Cermin datar digunakan ketika cahaya yang dibutuhkan terpenuhi sedangkan cermin cekung digunakan ketika kurangnya cahaya karena cermin cekung berfungsi untuk mengumpulkan cahaya.
9. Meja Mikroskop berfungsi sebagai tempat dimana objek tersebut akan diamati.
10. Kondensor alat ini dapat diputar dan di naik turunkan dan berfungsi untuk mengumpulkan cahaya yang masuk.
11. Penjepit Kaca berfungsi untuk menjepit kaca yang melapisi objek agar tidak mudah tergeser-geser.
12. Lengan Mikroskop berfungsi untuk mengangkat dan memindahkannya ketika melakukan sebuah pengamatan.
13. Kaki Mikroskop berfungsi untuk menompang semua badan mikroskop.
14. Pengatur Sudut (sendi inklinasi) berfungsi mengatur sudut atau tegaknya sebuah mikroskop.
JENIS-JENIS MIKROSKOP
Ada beberapa jenis mikroskop untuk saat ini,karena pada masing-masing mikroskop yang dibuat mempunyai fungsi maupun kegunaan tersendiri dalam sebuah pengamatan,sehingga memiliki perbedaan dalam tingkat pembesaranya. Jenis-jenis mikroskop tersebut antara lain sebagai berikut :
a. Mikroskop Cahaya
Mikroskop jenis ini mempunyai tiga lensa yaitu lensa objektif,lensa okuler dan lensa kondensor. Lensa objektif dan lensa okuler terdapat pada kedua ujung tabung mikroskop,lensa okuler pada mikroskop ada dua jenis yaitu berlensa tunggal (monokuler) dan berlensa ganda (binokuler),sedangkan untuk lensa kondensor itu sendiri berperan untuk menerangi objek dan lensa-lensa lainya. Dengan pengaturan yang tepat maka akan diperoleh daya pisah yang maksimal. Selain itu mikroskop cahaya juga mempunyai pembesaran yang maksimum yaitu 1.000x.

b. Mikroskop Stereo
Mikroskop ini hanya dapat digunakan untuk benda yang relative besar,biasanya benda yang diamati dengan mikroskop stereo ini dapat terlihat secara tiga dimensi. Komponen yang terdapat pada mikroskop ini hamper sama dengan mikroskop cahaya namun ada sedikit yang membedakan yaitu pada ruang ketajaman lensa mikroskop stereo jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mikroskop cahaya,hal ini yang membuat mikroskop stereo dapat melihat objek yang diamati terlihat seperti tiga dimensi.
c. Mikroskop Elektron
Mempunyai pembesaran sampai 100 ribu kali.pada mikroskop electron terdapat dua tipe yaitu mikroskop electroscanning (SEM) dam mikroskop electron transmisi (TEM). Electron digunakan sebagai pengganti cahaya.
STRUKTUR MIKROSKOP
Pada mikroskop ada dua bagian struktur utamanya yaitu :
Bagian optic (konsedor,lensa objektif dan lensa okuler)
Bagian non optic (kaki,lengan mikroskop,diafragma,meja objek,makrometer,micrometer,penjepit kaca dan sumber cahaya).