Pages

Thursday, February 14, 2013

TEH (CAMELLIA SINENSIS)



Tanaman teh yang biasa di sebut dengan nama Camellia Seninsis ini berasal dari negeri Cina. Dimana pada zamanya teh merupakan salah satu tanaman yang menjadi obat nomer satu di cina,tepatnya di profinsi Yunnan yang merupakan tempat tumbuhnya tanaman teh untuk pertama kalinya karena di daerah tersebut merupakan daerah yang beriklim tropis dan subtropis,sehingga teh mudah tumbuh subur di daerah tersebut.
Teh cina pada awalnya hanya di gunakan untuk obat-obatan dan sebagian besar orang cina mengkonsumsinya dengan cara langsung dinikmati dalam bentuk mentah namun pada zaman dinasti Han (221 SM-8M) teh mulai di olah menjadi sebuah minuman dengan cara mengeringkanya dan kemudian diseduh dengan memberikan sedikit campuran jahe di dalamnya.
Dan kini teh juga mulai menjadi bagian hidup dari sebagian besar warga Indonesia di setiap paginya bahkan siang,sore dan juga malam. Terbukti dari salah satu iklan teh ternama yang mengatakan “sebelum tidur ngeteh dulu donk” hehe J J L gak nyambung banget dech.
Teh merupakan minuman yang mengandung kafein,teofilin dan antioksidan dengan nyaris tidak ada kandungan protein di dalamnya.kombinasi rasa pahit dan sedikit sepet merupakan ciri khas tersendiri dari tanaman teh tersebut.
Teh tergolong minuman yang nyaris diwajibkan dalam acara menjamu tamu, selain itu teh juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, diantaranya yaitu seperti melangsingkan tubuh,membantu memperbaiki sel-sel yang rusak,mengurangi kolesterol dalam darah dan teh juga dapat membantu melancarkan sirkulasi dalam darah. Di dalam hidup selalu ada siang dan malam begitu juga dengan tanaman teh tersebut,teh banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh kita namun disisi lain teh juga mengandung kafein yang kurang bagus untuk tubuh kita karena kandungan tersebut dapat menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat. Jadi konsumsilah teh sewajarnya dalam takaran normal disetiap harinya.

No comments:

Post a Comment