Pages

Friday, March 8, 2013

STRUKTUR FUNGSI SEL PADA HEWAN DAN TUMBUHAN


Sel merupakan bagian terkecil dari makhluk hidup atau bisa disebut juga dengan kumpulan materi paling sederhana (unit kehidupan terkecil). Dalam bahasa latin sel mempunyai arti sebagai rongga terkecil atau biasa para ilmuan biologi menyebutnya dengan nama Cellula. Sel mampu melakukan semua aktifitas kehidupan. Pertama kali sel ditemukan oleh Robert Hooke (Inggris 1665) hasil pengamatanya ditemukan rongga-rongga yang disebut dengan nama sel (Cellula),kemudian pada tahun 1880 muncul lagi tentang teori sel dari Hanstein menyatakan bahwa sel bukan hanya berarti tempat berongga tetapi juga kantong yang berisi.semakin bertambah tahun para ilmuwan masih penasaran ingin tau lebih dalam lagi tentang sel dan pada tahun 1835 ilmuwan dari Prancis yang bernama Felix Nurjadin mengemukakan pendapat atas penelitianya terhadap sel hidup bahwa isi dalam rongga sel tersebutlah yang mengisinya yang ia sebut dengan nama Sarcode. Dan masih banyak lagi teori-teori tentang sel oleh para ilmuwan biologi lainya.
Di dalam sel terdapat struktur kecil yang disebut sebagai irganel, pada organel sebagian besarnya terselimuti oleh lapisan membran yang sama persisi dengan lapisan pada membrane sel tersebut. Namun demikian di dalam sel tidak semuanya memiliki organel dan fungsi dari sel tersebut adalah dimana semua fungsi sel tergantung pada organel yang dimilikinya.
STRUKTUR DAN FUNGSINYA
Struktur fungsi Inti sel
Inti sel disebut juga dengan Nukleus yang merupakan bagian terpenting pada sel, organel ini ditemukan pada sel Eukariotik,mengandung sebagian besar materi genetic sel berbentuk molekul DNA linier panjang yang kemudian membentuk kromosom bersama dengan beragam jenis protein. Gen di dalam inti sel inilah yang kemudian membentuk genom inti sel. Inti sel berfungsi sebagai pusat pengendali kegiatan sel, inti sel terdiri dari beberapa bagian yaitu membran,kromatik,anak inti (nukleolus) dan cairan inti (nuclear sap).ini terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan.
Struktur fungsi Membra sel
Membran sel adalah bagian terluar dari sel,yang merupakan lapisan yang melindungi inti sel dan sitoplasma.membran sel juga berfungsi untuk mengatur keluar masuknya zat pada sel. Membra sel tersusun oleh phosfolipids, protein, oligosakarida, glikolipid, dan kolesterol.membra sel terdapat pada sel tumbuhan dan sel tumbuhan.
Struktur fungsi Dinding sel
Dinding sel terdiri dari selulosa yang kuat sebagai perlindungan dan untuk mengekalkan bentuk sel,selain itu dinding sel juga terdapat liang yang berfungsi untuk pertukaran antara bahan diluar dan di dalam sel.dinding sel hanya terdapat pada tumbuhan fungsi dinding sel pada tumbuhan adalah untuk memperkuat tumbuhan yang tidak berkayu.
Struktur fungsi Sitoplasma
Berbentuk cairan bening berupa jel yang mengisi ruangan di dalam sel tersebut. Berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses metabolism.
Struktur fungsi Metokondria
Dimiliki oleh semua makhluk hidup berupa pembentukan energy,yaitu reaksi antara bahan makanan dengan oksigen dan kemudian menghasilkan energy.mitokondria adalah organel yang berbentuk lonjong dan terdapat disitoplasma dan mempunyai dua lapis membrane yang terpisah dengan membrane inti,membrane sel dan RE.Metokondria tersusun oleh bahan-bahan seperti fispolipid dan protein,metokondria mempunyai dua lapis membrane yaitu membran dalam (berbentuk lekukan-lekukan yang biasa disebut dengan Krista) dan membrane luar (berbentuk halus).
Struktur fungsi Ribosom
Merupakan organel berbentuk butiran-butiran kecil yang terdapat di dalam sitoplasma atau menempel diretikulum endoplasma kasar,berfungsi sebagai temat sintensis protein,terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan.
Struktur fungsi Vakuola
Merupakan rongga yang berisi cairan yang terlapisi oleh membrane, berfungsi sebagai tempat menyimpan bahan makanan dan sisa metabolism, vokuola merupakan organel yang terdapat di tumbuhan,dan pada umumnya sel-sel vokuola tidak terdapat pada sel hewan namun kenyataanya pada protozoa ternyata dapat membentuk vokuola makanan.
Struktur fungsi Badan Golgi
Berbentuk seperti kantong yang pipih dan di batasi oleh membrane,badan golgi atau biasa disebut dengan apparatus golgi ini berfungsi sebagai pengolahan protein yang baru disintesis. Badan golgi terdapat pada sel tumbuhan dan sel hewan.
Struktur dan fungsi Retikulum Endoplasma
Adalah sebuah system membran yang berlipat-lipat, retikulum endoplasma atau yang biasa disingkat dengan RE mempunyai beragam fungsi tergantung pada jenisnya.retikulum endoplasma terbagi menjadi tiga jenis antaranya : RE kasar dipermukaanya terdapat bintik-bintik  ribisom,fungsinya sebagai sintesis protein, RE halus tidak memiliki ribison pada permukaanya dan RE halus berfungsi dalam proses metabolisme, RE sarkloplasmik merupakan jenis khusus dari RE halus ditemukan pada otot licin dan otot lurik, dan berperan dalam kontraksi otot.
Struktur fungsi Lisosom
Merupakan kantung kecil dengan membrane tunggal. Berfungsi sebagai pendaur ulang sel-sel yang telah rusak,mencerna zat sisa makanan dan zat asing yang masuk ke dalam sel,terdapat pada sel tumbuhan dan sel hewan.
Struktur fungsi Sentrosom
Merupakan bagian yang terdiri dari dua sentriol yang terjadi ketika pembelahan sel.sentrosom hewan memiliki sepasang sentriol sedangkan pada sel hewan tidak memilikinya.
Struktur fungsi kloroplas
Adalah organel kecil yang berwarna hijau karena mengandung pigmen klorofil di dalamnya. Hanya terdapat pada sel tumbuhan karena berperan dalam proses fotosintesis tumbuhan yang menghasilkan energy dan bahan makanan pada tumbuhan itu sendiri.



No comments:

Post a Comment