Pages

Monday, March 11, 2013

MACAM-MACAM PERANGKAT LUNAK UNTUK MENGAKSES INTERNET



Perangkat lunak pengakses internet atau lebih dikenal dengan nama Web browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk melintasi,mengambil ataupun menyajikan informasi di WWW (Word Wide Web),atau lebih akrab disapa dengan sebutan aplikasi peramban di dumay (dunia maya).
Bagi anda yang hobi menjelajahi dunia maya tentu tidak asing lagi dengan perangkar-perangkat yang digunakan untuk mengakses internet,seperti yang anda lakukan saat ini,aplikasi apa yang anda gunakan untuk sampai pada blog saya ini pastinya anda tau dan paham aplikasi yang anda gunakan tersebut. Diantaranya adalah Mozila Firefox,Opera,Google Chrom,Internet Explorer dan Safari dan masih banyak lagi lainya.
Dalam coretan sie Rahma kali ini akan sedikit berbagi tentang masing-masing dari aplikasi pengakses internet tersebut.


Web Browser Mozila Firefox
Phoenix atau lebih akrab disebut dengan nama Mozila Firefox merupakan web browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di dunia maya. Mozila Firefox juga dapat dijalankan diberbagai macam system operasi seperti Microsoft Windows,Linux,Free BSD dan Mac OS X. fitur populer dari Mozila Firefox adalah adanya pemblokiran iklan sembulan (Pop-up) yang telah terpasang di dalamnya,firefox mengembangkan penangkal ini dengan hanya menangkal sembulan yang muncul ketika halaman web dimuat.
Kelebihan dari Mozila Firefox antara lain
Mozila firefox mudah di update dan memiliki system keamanan yang baik
Mozila firefox juga memiliki banyak fitur tambahan Add Ons (pengaya)
Mozila firefox cocok untuk membuka situs-situs multimedia
Interface yang simple sehingga lebih mudah digunakan oleh pemula
Kekurangan dari Mozila firefox ialah Awal untuk memuat laman lebih lama,apalgi jika banyak pengaya yang terpasang/terinstal pada aplikasi tersebut.


Web Browser Opera
Merupakan aplikasi pengakses internet dan paket perangkat lunak internet antar Plat-from. Opera juga dapat dijalankan diberbagai system operasi seperti Linux,Free BSD,Microsoft Windows,Solari dan Max OS X. Peramban web ini juga terkenal memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh peramban lainnya. Meskipun demikian aplikasi ini hanya mendapat sebagian kecil dari pengguna internet di dunia maya. Opera adalah satu-satunya penjelajah web komersial yang tersedia untuk konsel permainan genggam (Nitindo DS) dan konsel permainan video (Wii).dibeberapa televise juga memiliki browser Opera dalam set-top box (kotak pengaturannya).
Kelebihan dari Bowser Opera antara lain
Browser ini cukup ringan sehingga tidak terlalu memakan hardisk yang besar pada PC.
Adanya fitur turbo yang mampu mengompres halaman saat koneksi lambat sehingga laman terbuka lebih mudah.
Memiliki fitur penyimpan halaman dalam bentuk mht (single file) yang belim dimiliki oleh Chrom dan Firefox dalam versi standar.
Memiliki email clien dan rss sehingga tidak membutuhkan email client lainya seperti Outlook dan sebagainya.
Kekurangan dari web browser opera ialah
Selalu gagal dalam membaca script pada siyus-situs tertentu,untuk mengupdatenya pengguna opera harus mendownload kembali file masternya,interface yang kurang bersahabat membuat para pemula sulit untuk menggunakanya.



Web Browser Google Chrome
Merupakan peramban web terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Mulai dirilis pada tanggal 8 September 2008.
Kelebihan dari Web Browser Google Chrome ini antara lain
Keunggulan dari browser adressnya karena dapat menjadi fungsi search engine.
Memiliki browsing yang lumayan cepat.
Mendukung bahasa Indonesia dan penggunaan tab yang terpisah.
Memiliki fitur yang mendukung flash dan java (terintegrasi).
Kekurangan dari Google Chrome adalah penggunaanya masih terbatas untuk Windows XP dan Vista.Statis fiturnya kurang banyak.


Web Browser Safari
Merupakan aplikasi penjelajah yang dibuat oleh Apple Inc,yang dulunya dikhususkan untuk system operasi Mac OS.
Kelebihan dari Web Browser Safari ialah memiliki tampilan browser yang simple,mempunyai fitur Nitro engine sehingga dapat mengakses java script dengan cepat.
Kekurangan dari Web Browser Safari diantaranya system keamanan kurang,tampilanya terlihat asing bagi windows,tidak tersedianya plug in pada versi windows.


Web Browser Internet Explorer (IE)
Peramban web yang sering disingkat sebagai IE ini merupakan peramban web yang gratis dari Microsoft.
Kelebihan dari peramban web ini ialah khusus pada IE 9 tampilan lebih simple,elegan dan menarik,menyediakan Add Ons meski tak sebanyak Firefox.
Kekuranganya antara lain selalu terasa berat jika di awal start maupun ketika membuka tab baru,selalu gagal untuk membaca script pada halaman tertentu,khusus IE 9 tidak mendukung Windows XP.
NB: diambil dari berbagai situs yang pernah saya baca terutama wikepedia

No comments:

Post a Comment