Pages

Tuesday, March 26, 2013

PENGERTIAN MATA SERTA STRUKTUR DAN FUNGSINYA



Mata merupakan salah satu dari panca indra yang kita miliki,mata juga merupakan jendela dunia karena mata berperan penting dalam kehidupan kita,tanpa adanya mata kita tidak akan pernah tau betapa indahnya dunia ini.
Sebagai indra penglihat,mata terdiri dari beberapa organ yang membentuk satu kesatuan sehingga mata dapat berfungsi dengan maksimal,namun jika ada salah satu dari organ mata yang gagal fungsi maka bisa dipastikan penglihatan kita akan terganngu. Penglihatan yang terganggu itu disebabkan oleh beberapa factor antaranya seperti rabun dekat yang disebabkan karena seseorang yang sering berlama-lama berada di depan monitor. Bisa juga karena factor usia.
Mata terdiri dari beberapa organ yang bertugas mengantarkan cahaya dari sumbernya menuju ke otak dan kemudian dicerna oleh system saraf. Bagian –bagian itu terdiri dari organ luar dan organ dalam.
Organ dalam diantaranya sbb :
Kornea merupakan bagian terluar mata yang berfungsi menerima cahaya dari sumbernya.
Sclera merupakan bagian dinding mata yang berwarna putih,lapisan luar mata yang relative kuat.berfungsi untuk melindungi bola mata.
Pupil merupakan daerah berwarna hitam yang terdapat ditengah-tengah iris.berfungsi sebagai jalan keluar masuknya cahaya kedalam mata yang kemudian diteruskan ke retina.
Iris merupakan jaringan yang berbentuk cincin,bergantung dibelakang kornea serta didepan lensa.berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata dengan cara mengubah ukuran pupil tersebut.
Lensa merupakan bagian dari organ mata yang menerima cahaya dari pupil kemudian meneruskanya pada retina. Berfungsi sebagai pengatur fokusnya cahaya sehingga dapat jath tepat pada bintik kuning retina.
Retina merupakan bagian organ mata yang peka terhadap cahaya terletak dibelakang bola mata dan berfungsi sebagai pengirim pesan visual melalui saraf optikus ke otak.
Konjungtiva merupakan selaput tipis yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan bagian luar sclera.
Saraf optic merupakan saraf yang memasuki sel tali dan kerucut dalam retina dan kemudian menuju ke otak.
Sedangkan bagian luar dari mata diantaranya sbb :
Bulu mata yang berfungsi sebagai penyaring masuknya cahaya ke mata.
Alis mata menahan keringat agar tidak masuk pada bola mata.
Kelopak mata sebagai pelindung mata dan menutupi mata.
Orbita merupakan rongga bertulang yang mengandung bola mata,otot-otot ,pembuluh darah,saraf serta struktur yang menghasilkan dan mengeluarkan air mata.
Cara kerja mata yaitu ketika cahaya yang dipantulkan benda yang kita lihat masuk kemata melalui kornea,kemudian mengalami pembiasan,dari kornea cahaya yang dipantulkan oleh benda akan diteruskan ke retina.pada mata tersebut terdapat dua otot yang melingkari retina yaitu otot radikal (berfungsi untuk menarik retina agar lebih tipis) dan otot silinder 9berfungsi untuk menekan retina dan menjadikanya lebih tebal).
Otot silinder akan menekan dan otot radikal akan mengembang,itu akan membuat retina lebih tebal dan lebih dekat dengan penerima,terjadi ketika kita melihat benda yang berdekatan. Sedangkan jika kita melihat benda yang berjauhan otot redikal akan mengembang sehingga retina kita lebih tipis dan benda tersebut akan terlihat jauh. Menebal dan menipisnya retina ini menjadikan objek yang kita lihat dapat difokuskan dan jatuh tepat di pada bintik kuning.
Pada mata normal, bayang-bayang benda akan jatuh tepat pada bintik kuning. Namun pada mata minus, maka bayang-bayang akan jatuh sebelum bintik kuning, dan pada mata plus bayang-bayang akan jatuh setelah bintik kuning.
Dalam kondisi mata yang normal kita dapat melihat benda dengan maksimal baik itu benda yang dekat dengan kita maupun benda yang jauh di ujung sana namun berbeda halnya dengan mata yang tidak normal atau bisa disebut juga dengan mata yang mengalami gangguan dalam fungsinya,faktor yang mempengaruhi ketidak fungsian mata sebagaimana mestinya itu sangat beragam,dari mulai faktor usia,ataupun gangguan mata seperti rabun jauh,rabun dekat dan masih banyak lagi lainya. Disini rahma ingin berbagi tentang aneka gangguan pada mata yang pernah rahma baca dibeberapa situs jejaringan sosial maupun buku biologi.
Gangguan mata diantaranya sebagai berikut :
Rabun dekat atau biasa disebut dengan hipermetropi merupakan gangguan mata dimana kondisi seseorang tidak dapat melihat benda yang jaraknya dekat. Disebabkan oleh beberapa factor diantaranya membaca buku sambil tidur-tiduran,membaca buku terlalu dekat dan bisa juga disebabkan karena terlalu seringnya bertatap muka dengan monitor. Untuk mengatasinya bias menggunakan bantuan kaca mata yang berlensa cembung atau lensa positif.
Rabun jauh atau biasa disebut dengan miopi merupakan gangguan mata dimana kondisi seseorang sulit untuk melihat benda yang berjarak jauh. Untuk membantu menananggulangi gangguan ini si penderita mungkin dapat menggunakan kacamata yang berlensa cekung atau lensa negative.
Rabun jauh dekat biasa disebut dengan presbiopi merupakan gangguan mata yang sering dialami oleh seorang yang lanjut usia,kondisi dimana seseorang tidak dapat melihat benda yang terlalu dekat dan terlalu jauh. Penderita gangguan ini dapat dibantu dengan kacamata rangkap yaitu kacamata yang berlensa cekung dan cembung.
Rabun senja atau biasa disebut dengan rabun ayam merupakan ketidak mampuan seseorang untuk melihat benda di tempat remang atau malam hari. Penderita ini disebabkan karena kurangannya asupan vitamin A.
Buta warna merupakan dimana kondisi seseorang dalam penglihatanya tidak dapat membedakan warna. Biasanya gangguan ini adalah gangguan penyakit yang turun temurun dari ibu/bapaknya. Dalam buta warna juga dikategorikan menjadi dua bagian yang pertama buta warna total (kondisi dimana seseorang hanya dapat melihat dua warna saja yaitu putih dan hitam) dan yang kedua adalah buta warna separuh (kondisi dimana seseorang tidak dapat melihat warna-warna tertentu seperti kuning,ungu ataupun yang lainya).
Katarak atau lebih akrab disapa dengan sebutan juling merupakan kondisi dimana terdapat ketidak serasian pada otot-oto mata.
Demikian ulasan tentang mata,referensi diambil dari bermacam-macam web yang pernah dibaca dan buku biologi.









No comments:

Post a Comment