Pages

Tuesday, April 2, 2013

SEKILAS TENTANG KEHAMILAN

ILISTRASI DIAMBIL DARI GOOGLE


Kehamilan merupakan suatu anugerah dari Allah yang tak ternilai harganya. Dimana masa-masa  yang paling dinanti-nantikan terutama bagi dua pasang insane yang baru saja melangsungkan janji syakralnya,bukan hanya untuk pihak dari si wanita saja yang sangat menanti-nantikan kehamilan tersebut,pihak lelaki pun demikian,apalagi jika calon janin yang ada di dalam rahim istrinya itu merupakan anak pertama dari istrinya sebagai hadiah pernikahan mereka. Terkesan begitu lengkap rumah kecil mereka nanti dengan hadirnya sebuah tangis dan tawa dari sesosok bayi mungil diantara mereka.
Kehamilan merupakan berkah tersendiri di dalam sebuah mahligai rumah tangga,namun terkadang kehamilan juga bisa membuat sang calon ibu merasa riskan,karena banyaknya perubahan yang terjadi dalam kondisi tubuhnya setelah kedatangan calon janin di dalam rahimnya. Dari mulai merasakan mual-mual,muntah,pusing.lemas dan sebagainya. Meskipun demikian, sebagai calon ibu yang baik seorang wanita dianjurkan untuk pandai-pandai memilih nutrisi yang dapat mencukupi syarat tumbuh kembang bayi yang ideal dan baik.
Apa saja asupan nutrisi yang baik untuk ibu hamil???pertanyaan yang bijak,kenapa demikian karena sebagai calon mama yang baik anda tentunya penasaran dan ingin tau nutrisi apa saja yang bisa membuat si bayi/calon anak yang mereka kandung dalam perutnya itu dapat tumbuh dengan baik.
Ada beberapa asupan nutrisi yang harus dipenuhi oleh seorang wanita yang tengah hamil,diantaranya :
Vitamin C : vitamin C bisa di dapat dari mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran segar karena di dalamnya mengandung sebagian besar vitamin C yang dibutuhkan,vitamin C tersebut bermanfaat untuk mendapatkan berat ideal saat kelahiran dan mengantisipasi terjadinya bayi lahir premature.
Asam folat : disarankan untuk para ibu hamil mengkonsusmsi asam folat 400mg setiap hari selama kurang lebihnya sebulan sebelum hamil dan tiga bulan selama masa kehamilan,asam folat tersebut bisa di dapat dari sayur-sayran hijau dan kacang-kacangan,dianjurkan untuk mengkonsumsi semua itu karena bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya kecacatan tabung syaraf yang berakibat buruk bagi tulang belakang dan tengkoraknya si janin tersebut.
Zat besi : asupan zat besi dapat diperoleh dari mengkonsumsi bayam dan daging sapi bermanfaat untuk cadangan darah.
Vitamin B1 : Bumil disarankan untuk memenuhi asupan vitamin B1 nya yang bermanfaat untuk meningkatkan energy,dapat diperoleh dari telur,nasi dan sereal.
Vitamin B2 : selain vitamin B1 calon ibu juga harus memberi asupan vitamin B2 untuk menjaga kesehatan mata serta kulit dan vitamin B2 tadi bias di dapat dengan mengkonsumsi produk olahan susu telur dan ikan.
Kalsium : disarankan utnuk ibu hamil memberi asupan kalsium yang sepadan karena kalsium tersebut berpengaruh besar terhadap janin yang ada di rahim sang ibu,bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis dan berpengaruh juga terhadap pertumbuhan gigi si jabang bayi.
Kehamilan juga membutuhkan kewaspadaan dan penjagaan yang extra untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,oleh karenanya ibu hamil harus mempunyai tips-tips tersendiri untuk menjaga supaya kehamilanya berlangsung sehat. Biasanya pada trimester pertama kehamilan belum begitu Nampak,inilah kesempatan dimana calon ibu yang masih dapat lebih gesit dalam melakukan segala hal,gunakan waktu sepandai-pandainya dengan mencari tau diberbagai buku,majalah maupun internet atau mungkin juga bertanya pada orang yang lebih berpengalaman bagaimana cara agar kehamilan si calon ibu itu sehat. Disamping itu mulai menggunakan baju-baju yang longgar meskipun perutnya belum begitu terlihat membesar. Selain itu pada trimester pertama sering terjadi gejala-gejala seperti pusing,mual-mual bahkan sampai muntah-muntah,semua itu adalah wajar untuk wanita yang tengah hamil namun demikian hal itu biasanya membuat si calon ibu merasakan dehidrasi maka dari itu perbanyaklah minum air putih maupun jus buah diluar jadwal makan.
Menurut artikel yang pernah rahma baca katanya di trimester kedua lebih mengasyikan karena disamping sang ibu sudah jauh dari rasa mual-mual dan emosi pun sudah stabil,sang ibu juga akan mengalami gerakan pertama dari dalam perutnya. Wah gimana ya rasanya???uuppsss J hehee. Namun disamping itu si ibu juga harus memperhatikan dan selalu ingat bahwa perutnya kini kian membesar dan bayi yang ada di dalam rahim mulai beraktifitas untuk lebih bijaknya jika sang ibu sudah mulai mengurangi aktifitas-aktifitas yang berat seperti mengangkat ataupun mendorong benda yang membutuhkan tenaga extra, jangan pula mengambil benda yang ada di bawah dengan cara membungkuk karena bisa menyebabkan sang bayi tertekan sebaiknya mengambilnya dengan cara berjongkok,perbanyak istirahat,hindari depresi atau stres dan jangan lupa juga untuk perhatikan posisi tidur,posisi tidur yang baik bagi ibu yang tengah hamil sebaiknya tidur dengan posisi miring kekiri dan kedua kaki diganjal dengan guling maupun bantal.
Pada trimester ketiga ialah masa dimana para bumil akan menghadapi detik-detik persalinan,masing-masing dari calon ibu berbeda-beda dalam menanggapinya ada yang merasa khawatir,bingung dan ada pula yang begitu senang dan segera ingin melahirkan bayi mungil yang telah mereka kandung selama 9 bulan di dalam rahimnya.
Ada beberapa tips yang akan dipaparkan disini tentang bagaimana kiat-kiat menghadapi kehamilan trimester ketiga dan tips menghadapi proses persalinan.
Menurut artikel yang pernah rahma baca di http://bidanku.com  tips-tips yang harus dilakukan ketika bumil memasuki kehamilan trimester ketiga,antara lain :
Jangan terlalu banyak memakan makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi karena dapat menyebabkan kejang-kejang pada bagian kaki akibat menumpuknya garam yang menyumbat aliran darah pada daerah kaki.
Jika tidur sebaiknya ambilah posisi menyamping terutama kekiri untuk hal ini membantu dalam kelancaran peredaran darah.
Jika merasa selalu ingin buang air kecil jangan sekali kali menahanya karena hal itu dapat menyebabkan infeksi dalam kandung kemih.
Ibu hamil sebaiknya melakukan aromatherapy agar fikiran bias tenang dalam menghadapi detik-detik persalinan.
Perbanyak istirahat dan lakukanlah pijatan-pijatan ringan menggunakan ibu jari setiap malam pada bagian kaki.
Tips menghadapi persalinan :
Mulailah melakukan persiapan mental dan fisik guna menghadapi proses persalinan,persiapan itu sangatlah penting terutama bagi si ibu yang baru pertama kalinya menghadapi proses persalinan dan menginginkan kelahiran secara normal. Dengan demikian si ibu dipastikan melewati masa-masa persalinan dengan rileks dan penuh pemahaman akan apa dan mengapa persalinan itu harus terjadi.
Bersiaplah mengalami kontraksi menjelang detik-detik peralinan.
jangan panik bila ibu hamil mengalami kontra kontraksi dini yang berlangsung beberapa menit lalu mereda atau menghilang. Namun jika kontraksi ini disertai dengan keluarnya cairan, baik cairan bening maupun darah, segeralah menghubungi dokter atau bidan atau segera pergi ke rumah sakit
Jangan panik jika tiba-tiba air ketuban pecah saat ibu hamil sedang berdiri, karena jalan lahir akan otomatis tertutup oleh berat badan bayi. Segeralah hubungi dokter atau bidan atau pergi ke rumah sakit.
Referensi diambil dari beberapa buku tentang seputar kehamilan dan website yang menjelaskan tentang kehamilan terutama di bidanku.com



No comments:

Post a Comment